Kehidupan Malam di Taman Suropati

Taman Suropati yang dulu bernama bernama Burgemeester Bisschopplein adalah nama sebuah taman di Jakarta. Pada awalnya nama taman ini diambil dari nama wali kota Batavia pertama, G.J. Bisshop (1916–1920).

Penting Dibaca

Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol).

Lapangan yang kini disebut sebagai Taman Suropati ini sejak tahun 1920 sudah menggantikan lapangan bundar yang luas dalam Rencana Moojen. Taman Suropati, yang disebut-sebut sebagai titik nol Republik Indonesia, menjadi taman yang rindang dan sejak beberapa tahun yang lalu dihiasi dengan patung-patung karya pematung dari negara-negara pendiri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Kehidupan Malam di Taman Suropati


Sesekali datanglah malam ke Taman Suropati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman cantik di depan rumah dinas Gubernur DKI ini punya kehidupan malam, ada dunia lain yang menarik diselami.

Ini bukan dunia lain atau kehidupan malam yang bagaimana, tapi dunia saat taman menjadi pilihan bersantai dan melepas penat. Bila Anda di kota-kota besar dunia mungkin hal biasa, tapi di Jakarta ini sesuatu yang baru.

Berbeda dengan taman lainnya, di Taman Suropati ini benar-benar tempat rehat, olahraga malam atau mencari makanan. Tidak ada kemesuman, lagipula ada pos polisi di taman ini.

Saat detikcom berkunjung pada Kamis (19/11) malam, sekitar pukul 21.00 WIB, Taman Suropati terlihat ramai. Ada pasangan, ada kelompok anak muda, semua kumpul di taman. Mereka menikmati udara malam Kota Jakarta, sambil menyantap makanan ringan mulai dari sate, nasi goreng, atau tahu gejrot yang tukangnya banyak di seputaran Taman Suropati.

Pengamen juga datang menemani dengan lagu-lagu terkini, tenang pengamen ini sopan-sopan tidak memaksa. "Biasanya sampai pagi mas," terang seorang pedagang.

Malam semakin larut, beberapa orang malam berolahraga di taman dengan berjalan di atas batu untuk pijat kaki. Tawa renyah terdengar dari kelompok anak muda yang bercengkerama. Mungkin Taman Suropati adalah salah satu tempat yang memberikan nafas lain di kehidupan malam di Jakarta.

No comments

ADS

Powered by Blogger.