Fasilitas di Taman Suropati dan Peraturan Taman yang Wajib Anda Ketahui

Taman Suropati yang teletak di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat ini memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Fasilitas-fasilitas di Taman Suropati telihat dalam kondisi baik dan terawat. Salah satunya adalah banyak terdapat tempat duduk yang terbuat dari kayu ataupun beton yang nyaman digunakan untuk pengunjung apabila ingin duduk atau sekadar istirahat. Disini juga terdapat kandang burung dara yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Penting Dibaca

Taman Suropati juga memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung taman tersebut. Aturan-aturan tersebut terpampang jelas pada sebuah papan yang diletakkan di area depan Taman Suropati dan dilengakapi dengan ilustrasi gambar, tetapi banyak tulisan tulisan dari aturan tersebut yang hilang sehingga kurang dipahami oleh sebagian pengunjung. Hal ini harus ditangani oleh petugas Taman Suropati agar aturan-aturan tersebut dapat terbaca kembali dan dipatuhi oleh pengunjung.

Di Taman Suropati juga terdapat peta atau denah yang menggambarkan seluruh area dan letak dari Taman Suropati itu sendiri. Salah satu yang unik dari taman Suropati ini adalah terdapat 6 monumen ASEAN yang merupakan karya dari 6 seniman dari negara-negara pembentuk ASEAN pertama kali yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thaliand, dan Brunei Darussalam.

Tanaman-tanaman yang ada di Taman Suropati pun terlihat rapih dan terawat, sehingga dapat atau banyak digunakan sebagai tempat untuk berfoto bagi para pengunjung untuk disebarkan ke media sosial ataupun sebagai kenang-kenangan untuk diceritakan kepada keluarga atau teman-teman. Terdapat 6 vegetasi atau jenis tanaman yang terdapat di Taman Suropati ini yaitu mahoni, sawo kecik, ketapang, tanjung, bungur, dan khaya. Tanaman-tanaman ini disiram setiap harinya agar tetap tumbuh dan mengindahkan Taman Suropati itu sendiri.

Di Taman Suropati juga terdapat tempat refleksi berupa batu-batu kecil yang dibeton ke tanah. Hal ini ditujukan untuk pengunjung dapat mengingat kesehatannya dan menggunakan batu–batu tersebut untuk refleksi.

Di kawasan Taman Suropati ini pengunjung bisa memberikan saran bagi Taman Suropati agar kedepannya Taman Suropati ini bisa lebih baik lagi dalam perawatannya. Disediakan kotak kecil untuk pengunjung agar bisa memasukkan kertas yang berisi saran.

Di Taman Suropati sendiri terdapat wifi yang bekerjasama dengan operator Telkom. Wifi disini tidaklah gratis, pengunjung harus mendaftarnya lewat handphone membayar sejumlah uang dalam bentuk pulsa untuk mengaktifkan wifi tersebut. Walau begitu, ini cukup lumayan membantu pengunjung yang ingin tetap terhubung ke media sosial selagi menikmati suasana Taman Suropati yang indah.

Salah satu hal yang istimewa di Taman Suropati ini adalah terdapat arena untuk bermain musik dengan beralaskan karpet yang bermotif tangga nada agar musik yang dihasilkan bisa merdu dan tidak mengganggu pengunjung lainnya. Tentunya arena ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Untuk keamanan sendiri terdapat pos polisi yang berada di bagian depan Taman Suropati dekat lampu merah Taman Suropati.

Hal ini dubutuhkan karena Taman Suropati merupakan salah satu taman yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar ataupu masyarakat yang datang dari tempat lain. Oleh karena itu, keamanan pengunujung merupakan prioritas penting agar keamanan dan kenyamanan pengunjung tidak terganggu.

Demikian fasilitas-fasilitas yang terdapat di Taman Suropati. Banyak sekali fasilitias fasilitas yang ditawarkan pengelola Taman Suropati bagi kenyamanan pengunjung. Alangkah baiknya kita juga harus menjaga fasilitas yang diberikan agar tetap rapih dan berguna juga bagi orang lain.

No comments

ADS

Powered by Blogger.